Cara dan tips melamar kerja di alfamart

PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman saya melamar kerja di alfamart. Bagi anda yang ingin bekerja di alfamart atau anda mau tes seleksi kerja di alfamart anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi kalian dalam menghadapi tes seleksi.

Oke langsung saja menuju tahapan melamar kerja di alfamart yaitu sebagai berikut:
Yang pertama
 Tahapan pertama tentunya kalian harus mendaftar terlebih dahulu, bagaimana cara mendaftarnya?. berikut caranya:
I. Membuat surat lamaran dan daftar riwayat hidup
II. Mengumpulkan berkas yang dibutuhkan
i. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar
ii. Foto copy ijazah dan transkrip nilai
iii. Foto copy SKHUN
iv. Foto copy KTP
v. Foto copy SKCK
vi. Surat pengalaman kerja bila ada
vii. Foto copy kartu pencari kerja( kartu kuning)
viii. Surat keterangan sehat dari dokter
III. Jika semua persyaratan sudah terkumpul masukkan ke amplop coklat lalu mulai mendaftar.
Untuk mendaftar anda bisa mengirimkan berkas lamaran via pos atau menitipkan berkas lamaran tersebut ke alfamart terdekat di tempat anda tinggal. Eits,, jika anda ingin menitipkan berkas lamaran di toko alfamart terdekat alangkah baiknya anda menanyakan terlebih dahulu ke petugas toko apakah boleh menitipkan berkas lamaran kerja di toko tersebut.

Tahap kedua
Setelah anda mengirimkan surat lamaran anda tinggal menunggu panggilan untuk mengikuti tes seleksi. Panggilan tes biasanya dilakukan memlalui SMS, anda akan disuruh datang ke alfamart pusat ditempat anda melamar,memaki kemeja putih,celana hitam dan membawa alat tulis. Oke Langsung ke intinya saja yaitu tahapan tes. Tahapan ini di bagi menjadi beberapa tahapan dimana tahapan ini menggunakan sistem gugur disetiap tahapannya jadi anda harus lolos di tes awal agar anda bisa lanjut tes berikutnya. Berikut adalah tesnya:
1. Check body tahap I
Cek body tahap ini yaitu mengukur tinggi badan dan kerapian tubuh mungkin dari kumis, rambut, jenggot atau yang lainnya. Intinya sebelum melakukan psikotes kita harus melewati tahap ini terlebih dahulu. Jika ingin lolos di tahap ini anda sebaiknya potong rambut terlebih dahulu atau mungkin kumisnya yang tebal bisa ditipisin ngga harus sampai pendek banget yang penting rapih dari atas sampai bawah.
2. Psikotes
Oke setelah lolos di tahapan check body tahap I, selanjutnya anda akan mengikuti psikotes. Pada tes ini anda hanya di suruh mengerjakan 20 soal matematika dasar. Soalnya pun tidak begitu sulit hanya bebera soal cerita dan ujungnya disuruh menghitung (penjumlahan,pengurangan, perkalian, dan pembagian). sebagai contoh: adi membeli telur dengan harga 2000,00/kg berapa kg telur yang dapat adi beli jika dia mempunyai uang sebesar Rp.10000,00?.
Sebenernya cukup mudah soalnya, namun anda diberi waktu tertentu untuk mengerjakan soal tersebut sehingga anda di tuntut untuk mengerjakannya dengan cepat dan tepat. Eits tapi jangan terburu-buru yang penting jawabannya benar tetap tenanglah dalam mengerjakan. Oke…
Setelah selesai mengerjakan psikotest kita di suruh istirahat sambil menunggu hasilnya.
3. Check body tahap II
Kita masuk tahap yang ketiga yaitu check body tahap II. Setelah istirahat dan hasilnya sudah keluar, untuk kalian yang lolos maka kalian akan masuk ketahap ini yaitu check body tahap II. Namun untuk check body yang tahap II ini hanya berlaku bagi yang cowok, jadi yang cewek langsung interview akan tetapi disuruh menunggu yang cowok selesai check body tahap II. Oke bagi yang cowok ditahapan ini anda akan dibawa keruang yang berbeda, dan diruangan itu anda disuruh berbaris jadi dua barisan kemudian berhadapan. Lalu menyebutkan nomor tes anda masing-masing. Lalu anda disuruh tengok kanan, kiri, atas, dan bawah. Tes ini untuk mengecek apakah anda punya tindik atau tidak. Setelah itu anda disuruh membuka baju, dan celana. Jadi anda hanya memakai celana dalam saja. Jika anda sedikit malu sebaiknya sebelum berangkat tes anda memakai celana pendek untuk double-an. Tes ini bertujuan mengecek apakah kalian punya tato atau tidak. Lanjut setelah itu anda akan di tes buta warna atau tidak. Kalau sudah baru deh interview.

4. Interview
Sebelum interview anda akan disuruh mengisi beberapa pertanyaan dalam selembar kertas, isilah sesuai intruksi dari HRD. Setelah itu anda akan dibagi menjadi dua kelompok campuran cowok dan cewek. lalu anda akan dipanggil kedepan dan membentuk setengah lingkaran di depan HRD yang akan menginterview anda, sambil membawa kertas yang berisi pertanyaan tadi. Di tahapan interview anda hanya di suruh memperkenalkan diri anda secara bergantian. Saran saya terangkanlah diri anda dengan singkat dan jelas ngga usah terlalu bertele-tele yang penting sudah cukup untuk mendeskripsikan diri anda.
Dari pihak HRD biasanya hanya bertanya beberapa pertanyaan, ngga banyak kok, jika anda sudah pernah bekerja nantinya anda akan ditanya kenapa anda berhenti berkerja. Dan satu pertanyaan yang berlaku untuk semua peserta tes yaitu kenapa anda ingin bekerja di alfamart?. saran saya jawablah dengan jujur dan meyakinkan. Nah bagi yang sudah selesai anda akan disuruh duduk kembali sambil menunggu yang lain selesai interview.

Setelah tahapan tes telah selesai anda disuruh berkumpul dan diberi beberapa informasi oleh pihak HRD. Lalu anda di suruh pulang deh. Dan untuk pengumuman selanjutnya akan di lakukan lewat SMS. Jika anda lolos maka anda akan mendapat panggilan untuk mengikuti training di DC Alfamart. Panggilan paling lambat biasanya sampai 2 bulan. Jika 2 bulan kalian tidak mendapat sms itu berarti anda tidak lolos. Eits jangan berkecil hati anda masih bisa mendaftar lagi kok, karena dari pihak alfamart sendiri sangat terbuka bagi anda yang ingin bekerja di alfamart.
Oke mungkin hanya itu informasi yang dapat saya bagikan semoga bisa bermanfaat bagi anda semua ….
See you next time…
And succes for you…

0 Response to "Cara dan tips melamar kerja di alfamart"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel