Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu CMS (Content Management System) ?dan Contohnya..





Mungkin bagi anda para mastah di dunia blogging atau website sudah tau betul apa itu yang disebut dengan Content Management System atau yang sering disebut dengan CMS. Namun mungkin ada diantara kalian yang belum mengetahui tentang Content Management System (CMS) ini. Untuk itu dalam artikel kali ini saya akan memberikan sedikit pengehuan saya tentang apa itu CMS dan juga apa saja contoh dari CMS itu. Oke kalau begitu langsung saja kita lanjut ke pembahasan utama kita..

Content Management System (CMS) merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang khusus untuk dapat memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan juga merubah atau memodifikasi perubahan isi dari sebuah website sehingga menjadi lebih dinamis dan efektif meskipun mereka tak mempunya pengetahuan tentang coding dan juga bahasa pemrograman atau hal-hal yang bersifat teknis. Pada umumnya CMS terdiri dari dua buah elemen yaitu :
· aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
· aplikasi pengiriman isi (content delivery application, CDA)
Elemen CMA inilah yang digunakan untuk membuat/mengelola sebuah konten bagi anda yang mungkin tidak mengetahui tentang HTML guna mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi suatu web tanpa harus memiliki keahlian khusus layaknya seorang webmaster. Sedangkan elemen CDA sendiri menggunakan dan menghimpun berbagai informasi yang sebelumnya telah ditambahkan, dikurangi atau dirubah oleh pemilik situs web dalam rangka pembaruan web tersebut.

Penggunaan dan pemanfaatan CMS
CMS dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti
- Membuat website perusahaan, organisasi dan atau komunitas
- Membuat portal
- Membuat website pribadi/ blog
- Membuat Galeri foto
- Membuat Aplikasi E- Commerce
- Membuat situs web pembelajaran online (e leraning)

Keuntungan menggunakan CMS
1. Dengan adanya CMS anda bisa membuat sebuah situs Website lebih cepat, karena Anda tidak perlu menulis kode-kode pemrograman yang cukup ribet, dan anda juga tidak perlu perlu merancang databese.
2. Anda bisa mengubah konten website anda walaupun anda tidak menguasai bahasa pemrograman web.
3. CMS bersifat open source dan juga banyak yang tersedia gratis.
4. Pilihan template dan temanya juga cukup banyak, dan tersedianya plugin untuk penambahan fitur supaya lebih cepat.

Berikut beberapa contoh dari CMS

Blogger
Blogger.com merupakan sebuah CMS atau layanan pembuatan dan juga penyimpanan sebuah blog, yang           dimiliki oleh Google. Sudah banyak sekali yang menggunakan layan milik google ini, sudah banyak yang                       menggunakan untuk membuat blog pribadi, komunitas, dan juga online shop. Blogger sangatlah mudah dan             nyaman untuk dgunakan terutama bagi anda yang ingin memulai membuat sebuah website ataupun blog.                 Anda bisa belajar membuat sebuah website dengan blogger ini. Seperti saya ini, juga menggunakan blogger               dalam membuat postingan ini.

Wordpress
Wordpress adalah sebuah perangkat lunak dan aplikasi yang bersifat open source ( terbuka ) yang sudah banyak digunakan hampir di seluruh dunia. Wordpress sangatlah populer terutama digunakan sebagai sebuah mesin blog. Wordpress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Tak hanya digunakan untuk membuat sebuah blog, Wordpress juga digunakan sebagai sebuah CMS (content Management System). kelebihan Wordpress ialah kemampuannya yang dapat dengan mudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Drupal
Sama halnya dengan blogger dan Wordpress drupal juga merupakan sebuah perangkat lunak yang bebas dan terbuka yang digunakan sebagai sebuah CMS yang berada dibawah lisesnsi GPL. Telah banyak komunitas pengguna dan pengembang drupal yang mengembangkan dan juga merawat drupal ini. Untuk pembuatannya sendiri menggunakan bahasa pemrograman PHP. Drupal dapat dipasang di beberapa jenis database seperti MySQL, MariaDB, MsSQL, SQLite, PostgreSQL. Selain digunakan sebagai CMS drupal juga dapat Anda gunakan sebagi CMF untuk membangun aplikasi berbasis web.

Joomla
Joomla pertama kali dirilis dengan versi 1.0.0. joomla juga merupakan sistem manejemen konten yang bersifat bebas dan juga open source. Joomla ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL untuk keperluan di internet dan internet. Joomla memiliki beberapa fitur seperti sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling dan lainnya. Joomla berada di bawah lisensi GPL.

Opencart
Nah CMS yang satu ini sangat cocok sekali bagi anda yang ingin membuat sebuah blog atau website untuk toko online. Karena CMS ini memang dirancang untuk membuat toko online yang lengkap dengan shopping cart. Opencart juga kaya akan berbagai fitur terutama fitur agam mudah dikenali oleh mesin pencari. Opencart ini CMS berbasis web yang menggunakan lisensi GPL versi 3.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, sebenarnya masih banyak lagi contoh dari CMS seperti Plone, Vbulletin, Moddle, Magento dll. Anda bisa mempelajari dan mengenalnya secara perlahan dari berbagai sumber. Dan bagi anda yang masih pemula seperti saya jika anda ingin membuat blog atau website alangkah baiknya anda memulainya menggunakan CMS dengan begitu anda bisa mempelajarinya secara perlahan hingga nanti anda bisa membuatnya secara konvensional.
Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ada kesalahan dalam penulisan kata atau penjelasan yang saya sampaikan mohon dimaafkan. Anda juga bisa berbagi pengetahuan anda tentang CMS di kolom komentar di bawah. See you.

Post a Comment for "Apa itu CMS (Content Management System) ?dan Contohnya.."