Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerugian Menggunakan VPN, Hati-Hati Bahaya Mengintaimu !!



 Apa itu VPN? Bagi sebagian besar pengguna internet pasti sudah mengetahui apa itu VPN. Ya VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah layanan koneksi yang memungkinkan Anda dapat mengakses sebuah situs website secara aman dan juga pribadi. Mengapa bisa dikatakan aman dan pribadi?, Karena dengan menggunakan VPN koneksi yang kita lakukan akan dialihkan melalui server VPN dan pertukaran data yang terjadi akan disembunyikan. Namun tak dipungkiri penggunaan VPN juga bisa merugikan dan membahayakan bagi penggunanya.

Banyak orang menggunakan VPN untuk mengakses berbagai situs website yang tidak bisa diakses atau diblokir oleh pemerintah. Tentunya bukan tanpa alasan pemerintah memblokir situs tersebut. Namun masih saja banyak yang mencoba mengaksesnya menggunakan VPN tanpa menghiraukan kerugian dan bahaya yang mengintainya. Apalagi jika kita asal menggunakan VPN gratisan yang ada tanpa mempertimbangkannya. Lalu apa sajakah kerugian menggunakan VPN ?


1. Pencurian data 

    Saat menggunakan VPN segala kegiatan yang dilakukan akan direkam oleh penyedia layanan VPN tersebut, seperti data atau history browsing, data transaksi, data media sosial, data komputer, bahkan data yang lebih privasi lagi yang dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah disinilah peran kita sebagai pengguna harus jeli saat memilih dan menggunakan VPN, karena saat ini banyak penyedia VPN yang tidak jujur dan tidak bertannggung jawab dalam memberikan pelayanan sehingga itu bisa membahayakan semua data pribadi penggunanya. Bahkan bukan tidak mungkin jika mereka memanfaatkan data pribadimu demi keuntungan mereka, seperti memperjual belikan data, pemerasan, dan digunakan untuk kejahatan lainnya.


2. Pembajakan


Bahaya penggunaan VPN yang selanjutnya adalah masalah pembajakan. Mengapa bisa terjadi? tentu saja bisa karena saat menggunakan VPN jalur koneksi internetmu tidak benar-benar aman dan hal itu bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk melancarkan aksinya untuk membajak.

 Mungkin kita sering mendengar istilah pembajakan yang sering terjadi di akun media sosial seseorang yang mana orang yang membajak memanfaatkan media sosial korbannya untuk melakukan kejahatan. Resiko terkecilnya si pembajak mungkin hanya menggunkan media sosial tersebut untuk memposting hal-hal yang bertentangan atau tidak sesuai dengan kenyataan sesungguhnya si korban. Namun jika hal tersebut dibiarkan akan berakibat fatal.

Hingga resiko-resiko lain yang lebih berbahaya lagi seperti pemerasaan terhadap si korban, penipuan terhadap keluarga/saudara korban, Pembajakan saat menggunakan VPN juga hampir sama dengan yang terjadi pada pembajakan media sosial. Namun  pembajakan disini bisa lebih berbahaya lagi karena data-data yang ada disini lebih banyak dan bahkan mungkin lebih penting dari data yang ada di media sosial.

Dan resiko yang di timbulkan pun bisa lebih berbahaya lagi. Untuk itu pilihlah VPN dengan hati-hati, pastikan keamanannya dan juga gunakanlah VPN dari pengembang yang terpercaya dan bertanggung jawab. Nggak ada salahnya toh membayar yang penting data kita aman dan terjaga.


3. Penipuan


Dalam pembahasan sebelumnya kita sudah menyinggung masalah penipuan. Ya dengan terekammya data pribadi oleh pihak penyedia VPN, data-data tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan sebuah penipuan yang mengatasnamakan dirimu. Apalagi data yang terekam sangatlah banyak, bahkan data yang sangat privasi dan penting sekalipun.

Penipuan tersebut dapat terjadi kepadamu contonya adanya sms atau email yang memberikan hadiah atau sebuah tawaran yang menggiurkan dan membuat kita tertarik untuk mencobanya, namun ternyata setelah mencobanya kita mendapati hal-hal aneh yang terjadi. Selain terjadi kepadamu penipuan juga bisa terjadi pada orang-orang terdekatmu contoh meminta uang pada orang-orang terdekatmu dengan berbagai alasan seperti kecelakaan lah, atau ini itu dan sebagainya yang membuat mereka percaya dan akhirnya memberikan uang kepada penipu tersebut.


4. Serangan Hacker


Jika berbicara masalah hacker memang tidak dapat dipungkiri lagi apabila data-data yang ada di internet menjadi incaran para hacker. tak hanya mengincar data, hacker juga bisa melakukan apapun yang mereka ingin lakukan terhadap korbannya. Apalagi jika si korban tidak tahu menahu masalah keamanan internet itu akan sangat berbahaya sekali. 

Hacker bisa menyerangmu kapan saja saat kamu sedang memulai mengakses VPN, karena disaat itulah biasanya terdapat celah bagi para hacker untuk  menerobos masuk dan mengambil atau mencuri datamu, bisa berupa password akun kamu, pin e-banking/mobile banking/pin transaksi lainnya. Alhasil mereka bisa menguras habis semua uang yang ada direkeningmu atau mungkin mereka bisa melakukan hal yang lebih buruk lagi. Jadi pandai-pandailah dalam memilih dan menggunakan VPN jangan hanya mengandalkan gratisnya saja, hehe


5. Serangan Virus


 Ternyata selain kerugian yang berkaitan dengan data pribadi penggunaan, VPN juga rentan terhadap serangan virus. Kamu tentunya sudah tahu dengan virus yang satu ini. Virus berbahaya yang berkeliaran di internet yang bisa menyerang  perangkatmu kapanpun dan dimanapun saat kamu sedang terkoneksi dengan internet orang-orang menyebut malware

Selain malware virus-virus yang lain juga dapat menyerang perngkatmu saat kamu menggunakan VPN. resiko yang ditimbulkan dari adanya serangan virus ini cukup banyak, seperti muncul pesan ancaman atau lain sebagainya yang entah dari mana datangnya, kemudian bisa juga tiba-tiba muncul iklan yang sangat banyak di perangkatmu yang disebabkan oleh virus Adware dan jika dibiarkan akan membuat perangkatmu menjadi lelet dan mengalasi kerusakan pada software tertentu, Dan masih banyak lagi resiko lain yang dapat ditimbulkan oleh virus ini.


6. Koneksi Internet Jadi Lambat


Pernahkah kamu merasa koneksi internetmu menjadi lambat saat mengakses sebuah situs menggunakan VPN?, sudah pasti pernah bukan? Nah itu juga termasuk salah satu kerugian penggunaan VPN yang kualitasnya kurang baik. So pilihlah VPN dengan hati-hati, pilih yang aman digunakan. Itupun jika kamu terpaksa harus menggunakannya. Namun jika kamu tidak ingin menggunakannya, kamu tidak perlu pusing memikirkannya hehehe.

Kenapa internet kita jadi lambat saat memakai VPN?, itu karena saat kamu menggunakan VPN untuk mengakses sebuah situs Web atau yang lainnya, jalur koneksi yang kamu gunakan itu bukan jalur koneksimu secara langsung. Jadi dari pihak penyedia VPN akan menambah jalur koneksi baru melalui server mereka sebagai jalur yang nantinya akan kamu gunakan.  Jadi semakin banyak situs yang kamu akses dengan VPN maka akan semakin banyak jalur lalu lintas data yang dibuka, akibatnya koneksimu akan semakin lambat begitupun dengan perangkatmu.

Mungkin untuk yang satu ini tidak begitu berbahaya namun ini bisa sangat merugikan, apalagi jika kamu sedang ingin mengakses situs yang penting dan urgent tapi koneksi internet kamu lambat karena kamu memakai VPN. Waktu kamu pasti akan banyak yang terbuang sehingga beberapa pekerjaan akan terunda dan menumpuk.



    Nah itulah beberapa kerugian dan bahayanya menggunakan VPN yang tidak kredibel dan tidak bertanggung jawab. Namun bukan berarti semua VPN itu berbahaya. Jika kamu berhati-hati dalam memilih dan menggunakan VPN itu juga bisa mengamankan data-datamu, oleh karena itu bijaklah dalam memilih VPN. Nah bicara soal bahayanya, mungkin masih banyak kerugian lain yang ditimbulkan pemakaian VPN yang belum tercantum dalam artikel ini. Sobat bisa mencari referensi dari artikel yang lain, atau jika Sobat ingin menambahkan, Sobat bisa menambahkannya di kolom komentar agar kita bisa saling berbagi pengatuhan. Dan jangan lupa share artikel ini ya, semoga bermanfaat,

Post a Comment for "Kerugian Menggunakan VPN, Hati-Hati Bahaya Mengintaimu !!"