Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus File Sampah di Laptop Tanpa aplikasi pihak ketiga




Ada beberapa faktor yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat, salah satunya yaitu disebabkan oleh file sampah yang menumpuk di Laptop tersebut. File Sampah tersebut bisa berupa folder kosong, sisa penginstalan aplikasi/software dan file-file lain yang tidak diperlukan.

Untuk itu agar kinerja laptop Sobat tidak terlalu berat dan lemot maka Sobat harus menghapus file sampah tersebut. Lalu bagaimana cara menghapus file sampah tersebut?, Ada banyak cara untuk menghapus file sampah yang ada di Laptop, mulai dari yang tanpa aplikasi pihak ketiga hingga yang menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Nah dalam artikel kali ini saya hanya akan membahas cara menghapus file sampah di laptop tanpa menggunakan aplikasi/software dari pihak ketiga. Ada 3 cara yang akan saya bahas dan saya jelaskan cara melakukannya. Silahkan Sobat simak langkah demi langkah agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Cara Menghapus File Sampah di Laptop Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Sebenarnya cara untuk menghapus file sampah di Laptop tidaklah sulit, terutama bagi Sobat yang menggunakan sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, hingga windows 10. Tanpa harus menginstall aplikasi pihak ketiga, Sobat bisa membersihkan file sampah di laptop Sobat dengan tiga cara berikut ini.

Melalui Storage sense Windows 10

Windows 10 memiliki banyak fitur yang cukup bermanfaat bagi penggunanya. Salah satu fitur tersebut yaitu fitur storage sense yang dapat digunakan untuk menghapus file-file yang tidak berguna di laptop Sobat. Termasuk juga untuk menghapus file-file sampah yang ada. Mau tau cara menggunakannya? let's go...

  1. Silahkan Sobat masuk ke menu setting di windows 10, Sobat bisa membuka menu star lalu ke menu setting atau dengan cara yang lain.
  2. Setelah masuk menu setting selanjutnya Sobat pilih menu system yang ada di menu setting tadi, nantinya akan muncul menu baru lagi
  3. Setelah itu pilih menu storage yang ada di sebelah kiri di dalam menu system. Setelah muncul storaege seperti local disk C, D, dan E.
  4. Selanjutnya Sobat scroll ke bawah ada tulisan free up space now. Silahkan sobat klik tulisan tersebut. Tunggulah sampai proses scanning selesai.
  5. Setelah proses scanning selesai akan muncul beberapa file-file yang bisa Sobat hapus. Silahkan Sobat centang file-file yang ingin Sobat hapus. Selanjutnya tinggal klik Remove files, tunggulah beberapa saat hingga file tadi terhapus. Dan sudah selesai,,,
Namun fitur storage sense ini hanya tersedia di windows fall creators update ke atas. Jadi tidak semua pengguna bisa menggunakan fitur ini. Tapi tenang masih ada cara berikutnya yang juga sama mudahnya kok,,, yaitu..



Melalui Run Windows

Cara yang kedua ini juga mudah kok dan tidak perlu aplikasi pihak ketiga..
  1. Caranya cukup simpel, Sobat tinggal membuka menu run dengan kombinasi tombol windows + R pada keyboard.
  2. Setelah menu run muncul, silahkan Sobat ketikan %temp% lalu klik oke.
  3. Setelah mengeklik oke nantinya Sobat akan diarahkan ke beberapa file temporary yang tersimpan. Silahkan Sobat hapus semua file tersebut.
  4. Jika ada beberapa file yang tidak bisa dihapus silahkan Sobat skip saja karena kemungkinan file(aplikasi) tersebut sedang berjalan di latar belakang.
  5. Jika file sudah terhapus semua silahkan Sobat lanjutkan untuk menghapus file temporary windows
  6. Caranya sama seperti tadi yaitu dengan membuka menu run kembali, lalu ketikan temp dan klik oke
  7. Sama halnya seperti tadi kita akan diarahkan ke file-file temporary windows. Lagi-lagi silahkan Sobat hapus semua file tersebut.
  8. Setelah Sobat menghapus file-file temporary tadi, Selanjutnya Silahkan Sobat masuk ke recycle bin karena file yang tadi Sobat hapus pasti akan masuk recycle bin. 
  9. Jika sudah selanjutnya hapus semua file yang ada di recycle bin. 
  10. Dan selesai, sekarang sampah di laptop Sobat sudah berkurang,,, 


Melalui Disk Cleanup

  1. Untuk cara yang satu ini silahkan Sobat klik icon search yang ada di taskbar desktop Sobat.
  2. Lalu tuliskan kata Disk Cleanup, nantinya akan muncul pilihan disk cleanup Silahkan Sobat klik pilihan tersebut.
  3. Setelah Sobat klik pilihan tadi maka akan muncul tampilan disk cleanup. Selanjutnya Sobat diminta untuk memilih drive mana yang akan dibersihkan.
  4. Silahkan Sobat pilih drive C (local disk C) karena biasanya file-file sampah tersimpan di drive tersebut. setelah itu klik oke dan tunggu proses scanning selesai.
  5. Setelah proses scanning selesai maka akan muncul beberapa file sampah yang dapat Sobat hapus dengan cara mencentang file sampah yang akan ingin dihapus lalu klik tombol oke
  6. Sampai disini sudah selesai.


Nah itulah cara membersihkan file sampah di laptop tanpa harus menginstall aplikasi/software pihak ketiga. Bagaimana menurut Sobat, cukup mudah bukan?. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat semua dan khususnya bagi penulis pribadi. Jika Sobat mengetahui cara yang lain Sobat bisa menambahkannya di kolom komentar di bawah ya,,,

Post a Comment for "Cara Menghapus File Sampah di Laptop Tanpa aplikasi pihak ketiga"